Situ bagendit
Situ (Danau dalam bahasa sunda) sudah ada sejak tidak tahu kapan orang menghuni Garut. Situ Bagendit berada dekat dari kota Garut, hanya butuh waktu 4-5 menit untuk sampai ke Situ Bagendit. Bisa juga menggunakan jasa andong alias delman.
Jika beruntung kita berkunjung pada saat langit cerah, akan menambah keindahan alam Garut. Ada rakit yang disiapkan pengelola wisata untuk menikmati jernihnya air danau. Kegiatan lain bisa dinikmati sekaligus melepas penat, seperti arena bermain dan pasar rakyat.

Legenda
Konon pada jaman dahulu terdapat suatu kampung dengan penduduk petani. Hasil pertanian mereka selalu bagus dan melimpah, namun kehidupan masyarakatnya tetap saja miskin. Para penduduknya hidup susah, dan hasil panennya tidak bisa mencukupi kebutuhan hidupnya sampai panen kembali.
Hidup seorang juragan namanya Mak Endit. Ya, mak Endit inilah satu-satunya pengepul hasil panen padi masyarakat desa. Ia orang terkaya di desa itu, sehingga hidupnya berlebih dan sering berfoya-foya. Mak Endit punya centeng yang banyak, ia memonopoli penjualan hasil sawah dengan harga yang rendah. Jika ada yang menolak maka centeng tidak segan-segan melakukan kekerasan atas perintah mak Endit.
Singkat cerita, datanglah seorang nenek pengemis yang hendak minta sedekah ke rumah mak Endit. Alih-alih bukan sedekah yang diberikan malah cacimaki dan amarah yang keluar dari mulutnya. Dengan sangat marah nenek pengemis kemudia menancapkan tongkatnya dan menantang mak Endit untuk mencabutnya.Dengan sombong mak Endit mencabut tongkat namunt tidak berhasil, begitu juga dengan seluruh anakbuah mak Endit.
Akhirnya sang nenek mencabut tongkat dan bekasnya mengeluarkan air yang sangat deras, membanjiri seluruh desa. Mak Endit tak sempat menyelamatkan hartanya sehingga mereka tenggelam.
Sebelum menemui mak Endit, nenek telah memberikan kabar kepada warga setempat untuk mengungsi terlebih dahulu. Nenek pengemis itu sebenarnya adalah karma untuk mak Endit.
Itulah awal cerita terbentuknya situ bagendit. Situ (danau) bagendit (berasal dari nama Endit-bagendit).

Penunjang
Jika Anda berasal dari luar daerah dan ingin berkunjung ke banyak tempat di Garut, bisa juga menginap di sekitar kota garut, banyak tempat penginapan seperti hotel dan losmen. Biaya sewa kamar relatif murah, mulai dari Rp. 250.000 perkamar sampai dengan yang jutaan juga ada. Selain berkunjung ke situ bagendit, banyak wisata lain yang juga bisa jadi referensi seperti, Curug Cimandi, Candi cangkuang, Curug citiis, gunung guntur dan banyak lagi yang lain di Garut.

Leave a comment