Ranu Kumbolo, secuil surga di kaki Mahameru

ranu kumbolo sip

Bagi para pendaki, Ranu Kumbolo bukan yang asing lagi. Danau air tawar yang memiliki luas kurang lebih 15 hektare ini memiliki pesona yang sangat sulit mata menolaknya. Menyambut matahari yang muncul dari arah timur telaga diantara kedua bukit akan menimbulkan kesan tersendiri. Belum lagi kabut putih yang mulai turun disore hari dipadu dengan air danau yang tenang sungguh panorama yang tidak dapat diterjemahkan dengan kata-kata. Ditambah ketika malam hari, kita dapat mengabadikan indahnya gugusan bintang galaksi bima sakti yang membius mata.
Seiring dengan populernya fil 5 CM berdampak pada peningkatan jumlah pengunjung yang penasaran untuk mendaki gunung Semeru. Dan inilah sumber air bersih setelah pendakian setinggi 2400 mdpl. Para pendaki biasanya transit dan berkemah di sekitar danau ini sebelum mereka melanjutkan perjalanan ke puncak mahameru. Akan tetapi juga tidak sedikit orang yang hanya mendaki sampai di sini saja lalu mereka menghabiskan waktu untuk berkemah.
Jangan remehkan udara dingin Ranu Kumbolo, saat cuaca cerah malam hari udara bisa mencapai minus 5 derajat celcius. Maka jangan lupa untuk membawa peralatan secukupnya agar kita tidak terjebak keadaan yang bisa berakibat fatal.
Maka perlu disiapkan peralatan seperti sliping bag, baju tebal/ jaket (utamakan yang tahan air), kaos kaki, kaos tangan, penutup kepala dan telinga dan juga tenda parasit.
Selain persiapan peralatan yang perlu diperhatikan tentu persiapan fisik. Karena pendakian hingga sampai ke danau Ranu Kumbolo saja bakal menguras energi yang sangat besar apalagi kalau sampai ke puncak Mahameru.
Sebaiknya lakukan latihan-latihan kecil seminggu atau dua minggu sebelum berangkat. Latihan seperti jogging, gyim atau lari untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan lupa juga persiapkan fotocopy KTP minimal 3 lembar, surat keterangan dari dokter dan materai. Karena sebelum melakukan pendakian menuju Ranu Kumbolo pendaki akan diminta untuk melakukan registrasi dan melampirkan berkas-berkas tersebut.

ranu kumbolo sunrise

Akses Menuju Ranu Kumbolo
Ranu Kumbolo berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, diantara kabupaten Lumajang dan Malang Jawa Timur. Jika menempuh perjalanan udara kita bisa memilih mendarat di di Bandara Abdurrahman Saleh. Sedangakan jika ditempuh melalui jalur kereta api kita bisa mendarat di stasiun kota baru. Setelah itu kita bisa mencari angkutan umum menuju terminal Tumpang. Dari terminal Tumpang perjalanan bisa dilanjutkan dengan menyewa mobil atau ojek yang ditawarkan penduduk di sekitar Ranu Pani. Biaya masuk kawasan wisata hanya Rp. 20.000 saja untuk satu tenda dan Rp. 10.000 untuk setiap pendaki.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s