Tolire, Danau Kutukan?

Tolire

Jika kita berjalan-jalan ke Maluku sayang jika mewatkan untuk mampir ke Danau Tolire. Danau yang berada di kaki gunung Gamalama ini memiliki keunikan dengan cerita legenda yang berkembang di masyarakat.
Danau yang yang masih terjaga keasliannya hingga kini sangat menarik perhatian dan penasaran para wisatawan. Bukan hanya wasatawan domestik, wisatawan mancanegara pun turut mendatangi situs ini. Cukup 10 menit dengan mobil melewati jalan mulus dari pusat kota Ternate kita sudah bisa sampai ke lokasi.
Bisa dengan menyewa mobil dengan tarif sekitar 250 ribu perhari atau menggunakan jasa ojek.
Konon tempat itu awalnya adalah sebuah desa yang damai dan hidup tenteram seluruh penghuninya. Berawal dari seorang ayah yang menhamili anak kandungnya sendiri, desa ini kemudian anjlok dan berubah menjadi danau. Kejadian itu sesaat bersamaan dengan sang ayah dan anaknya akan pergi meninggalkan desa tersebut. Bisa dibilang danau itu terbentuk karena kutukan. Danau Tolire besar adalah tempat berdiri sang ayah sedangkan danau Tolire kecil adalah tempat berdiri sang anak. Danau Tolire besar dan kecil letaknya berdekatan hanya sekitar 200 meter saja.
Selain kisah proses terjadinya danau Tolire ada kisah juga kalau di dasar danau itu terdapat harta karun milik kesultanan ternate. Masyarakat kesultanan ternate mengumpulkan harta kekayaan mereka lalu ditenggelamkan dalam danau tersebut saat portugis datang menjajah pada abad ke-15. Mereka memilih untuk mengubur harta mereka ketimbang harus dijarah dan diambil oleh penjajah.
Hal unik yang lain juga adanya rumor tentang penghuni danau. Sampai saat ini tak ada satu warga pun yang berani mengambil ikan dan mandi di danau tersebut. Padahal dalam danau itu pasti terdapat banyak macam jenis air tawar. Tapi warga meyakini danau itu dihuni oleh siluman buaya putih.
Kalau Anda merasa kuat boleh tes, lempar batu sekuat tenaga.Kabarnya belum ada seorang pun yang bisa melempar benda hingga mencapai ki air danau meskipun sekuat tenaga apapun. Disekitar danau ada yang jual batu untuk dilempar, Anda bisa beli dan pecahkan rasa penasaran Anda.
Itulah Danau Tolire, cekungan yang mirip loyang raksasa ini menyimpan banyak misteri. Hingga hari ini belum ada seorangpun peneliti yang berusaha mengungkap fakta dibalik legenda Danau Tolire. Hamparan seluas kurang lebih 5 hektare itu tetap terjaga lestari dan murni yang bisa dinikmati keindahannya dari generasi ke generasi hingga kini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s